Pemahaman CCTV

 CCTV

Closed Circuit Television atau CCTV merupakan seperangkat sistem keamanan berbasis video kamera digital yang dapat merekam kejadian atau peristiwa di area tertentu yang diawasi. Sebenarnya cara kerja CCTV sendiri dengan cara mengirimkan sinyal pada layar monitor di dalam ruangan yang telah dipasangi kamera CCTV. Dapat diketahui bahwa perangkat yang satu ini biasanya dipakai sebagai perangkat sistem keamanan dalam ruangan maupun di tempat terbuka. Adapun sistem yang dipakai pada kamera CCTV saat ini kian berkembang. Mulai dari yang berbasis sistem konvensional, memakai VCR yang memerlukan pengawasan secara langsung, ditambah lagi resolusi gambarnya berkualitas sangat rendah sehingga tidak efektif digunakan sebagai kamera pengawas.

Meskipun sudah sering kita jumpai kamera CCTV di tempat-tempat umum atau di kawasan perumahan dan perusahaan, mungkin masih banyak orang yang belum paham pengertian kamera CCTV itu sendiri walaupun perangkat yang satu ini mudah sekali ditemukan dalam aktivitas sehari-hari. Kamera CCTV merupakan perangkat yang memanfaatkan sinyal rahasia atau sinyal tertutup. Berbeda halnya dengan TV yang biasanya memanfaatkan broadcast signal. Biasanya pengiriman sinyal sendiri dilakukan dengan bantuan wireless atau bantuan kabel.

Kamera CCTV ini bekerja dengan kabel coaxial dan biasanya dipakai dalam TV analog. Adapun fungsi dari kabel ini ialah untuk menerima sinyal pada antena TV. Sementara jika bekerja dengan menggunakan wireless sendiri, CCTV beroperasi dengan memakai frekuensi sebesar 2.4GHz. Kamera CCTV sebenarnya tidak dapat bekerja sendiri. Sebab ada sistem yang dikendalikan untuk menjalankannya. Di samping itu, komponen atau peralatan yang dipakainya juga ada banyak. Setiap komponen tersebut kemudian di susun ke dalam sebuah sistem, sampai akhirnya bisa beroperasi.

Seiring perkembangan teknologi sekarang ini, sistem dalam kamera CCTV bisa dikontrol dan dioperasikan secara fleksibel. Ini artinya, kamera CCTV tak hanya dapat dikontrol lewat komputer atau PC saja, tetapi juga lewat berbagai macam gadget yang terkoneksi dalam sistem. Sehingga kita bisa mengontrol dan memantau kamera kapan pun dan dimana pun asalkan terkoneksi ke dalam jaringan internet.

Berikut beberapa alat yang dibutuhkan untuk pemasanga CCTV :

Camera CCTV

Camera CCTV itu sendiri berfungsi sebagai alat pengambil gambar. Camera CCTV terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan dari segi fungsi, kualitas dan penggunaannya. Terdapat 2 kategori utama yang meliputi:

  • Camera CCTV Network
  • Camera CCTV Analog

CCTV Outdoor

CCTV Indoor

 

IP Cam

 

DVR

DVR kepanjangan dari (Digital Video Recorder) yaitu salah satu perangkat yang diguanakan camera CCTV untuk merekam gambar atau yang dikirim oleh camera ke dalam perangkat DVR. Terdapat 2 kategori penting didalamnya, yaitu :

  • Stand Alone DVR
  • PC Card DVR

Terdapat bayak sekali fitur dari DVR yang bisa anda manfaatkan sebagai alat keamanan, contoh salah satunya adalah merekam semua kejadian atau peristiwa dimana hasil rekaman seringkali dipergunakan dalam kasus peradilan dalam membuktikan suatu perkara atau kejadian. Ada berbagai jenis DVR yang dapat digunakan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan atau spesifikasi DVR inilah yang menentukan berapa banyak kamera yang dapat dipasang dan kualitas gambar yang dihasilkan.

HDD

HDD adalah singkatan dari (Hard Disk Drive) yang merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam. Hard Disk Drive sendiri dipasang di dalam DVR. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman/penyimpanan yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.

Coaxial Cable (RG-59)

Ini adalah kabel yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor. Termasuk kabel untuk menghantarkan listrik dari power supply ke CCTV.

DC Connektor

DC Connektor atau bisa disebut juga dengan konektor DC adalah konektor untuk penyambungan dari power supply ke perangkat CCTV.

BNC Connector

Adalah konektor yang dipasang pada kabel coaxial untuk mengirim gambar atau video dari CCTV.

Power Supply (PSU)

Power Supply (psu) merupakan sebuah adaptor besar dengan beberapa soket untuk penunjang daya listrik ke perangkat CCTV, terdapat berbagai macam psu, tergantung dari kebutuhan berapa perangkat CCTV yang terpasang.

Demikianlah penjelasan tentang pemahaman CCTV. Semoga artikel singkat diatas bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi. Kami juga menawarkan pemasangan CCTV untuk wilayah seluruh Indonesia.

baca juga : Pemasangan Kamera CCTV

CV. Bunga Indo Tehnik

© 2021 Bunga Indo Tehnik

Search